ARYA WANG BANG PINATIH

Rabu, 15 Juli 2009 | |

Untuk mengetahui sejarah perjalanan Bhatara Kawitan Arya Wang Bang Pinatih, Sabtu (3/11), Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Wilayah Kuta-Badung melaksanakan napak tilas ke sejumlah pura. Sebelum melaksanakan napak tilas, warga Arya Wang Bang Pinatih melakukan persembahyangan bersama yang dipusatkan di Pura Mutering Jagat di Desa Kerthalangu, Denpasar Timur yang diikuti segenap warga paiketan.
Turut hadir pada kesempatan tersebut Drs. Ketut Sudikerta yang juga sebagai Wakil Bupati Badung, penglingsir Puri Penatih IGN Jaya Negara, Nyoman Sukada (Ketua Harian PHDI Badung) dan warga paiketan dari seluruh Bali . Sekretaris Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Wilayah Kuta, Ketut Sugita mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui sejarah asal usul perjalanan leluhur Bhatara Kawitan Arya Wang Bang Pinatih, sehingga warga tidak melupakan kawitannya. Selain itu, untuk memupuk tali persatuan kesatuan antar warga paiketan dalam usaha meningkatkan sradha dan bakti kepada kawitannya.
Sugita menjelaskan, pura-pura yang menjadi tempat napak tilas masing-masing Pura Mutering Jagat Desa Kerthalangu, Pura Dalem Bangun Sakti, Pura Dalem Peninjoan, Pura Padang Sakti dan Pura Ajumeneng Sanur. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dimulai sejak tahun 2003 yang digelar di Wilayah Biting Lumajang Jawa Timur. Selanjutnya tahun 2005 dilaksanakan di Besakih. Untuk tahun 2007 ini pelaksanaannya dilakukan oleh paiketan warga Arya Wang Bang Pinatih wilayah Kecamatan Kuta.
Jumlah warga paketan untuk di Kec. Kuta saja 2020 KK dan ini belum termasuk daerah lainnya di Bali. Sedangkan kepengurusan warga Arya Wang Bang Pinatih di Bali, baru terbentuk di Kabupaten Badung saja. Oleh karena itu, pihaknya berharap warga Arya Wang Bang Pinatih di Kabupaten/Kota se-Bali segera membentuk kepengurusan sehingga terwujud jalinan komunikasi antar warga.Sugita menambahkan, program kedepan pihaknya akan melaksanakan pembacaan prasasti lontar di Nusa Dua serta menerbitkan buku sejarah perjalanan leluhur Bhatara Kawitan Arya Wang Bang Pinatih. (477/*)

5 komentar:

Unknown mengatakan...

saya mau bertanya, letak pedharmaan Arya Wang Bang Pinatih itu di pura besakih di sebelah mana ya??

@nyoman-lisnawa.perjalanan hidup mengatakan...

Desy@, letak pura pedarman arya wang bang pinatih persis di utaranya pura penataran yg ada padmasana tiga buah.....naik satu tangga.....mirunya paling utara menghadap ke timur....ada tertulis "WARIH ARYA WANG BANG PINATIH".... Selamat tangkil.... kalau kawitannya ada di klungkung...desa sulang.... tanyakan persis di sebelah utara banjar sulang.... semoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

saya mau tanya....gmn sejarah dari arya wang bang tembau......tks

Unknown mengatakan...

Mohon maaf kami bertanya apakah keturunan Arya Pinatih boleh memakai MPU bila mana mengadakan ritual pitre Yadnya?mohon jawabannya terima kadih

Ngurah Dibia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar